Perbedaan Antara Kulit Asli dan Palsu

Perbedaan Antara Kulit Asli dan Palsu - Seiring dengan berkembangnya zaman banyak bahan material yang diproduksi. Tentu ada yang benar benar asli ada juga yang mirip dengan kualitas imitasi. Hal tersebut juga terjadi pada bagian bahan kulit. Sekarang ini sudah banyak digunakan untuk kegunaan tekstil maupun aksesoris. Salah satunya yang sedang menjadi incaran masyarakat Indonesia yaitu Souvenir Kulit.

Mulai Jeli Memilih Souvenir Kulit Asli atau Imitasi

Perbedaan pada bahan dasar antara kulit asli dan sintetis sebenarnya mencolok. Akan tetapi lagi lagi dengan baiknya pengerjaan dari alat yang semakin canggih membuat bahan hampir tidak ada bedanya. Dengan kata lain kita harus cermat dalam memperhatikan bahan dasar kulit mana yang asli atau palsu.

Apalagi jika anda ingin mencari souvenir yang benar benar dari bahan kulit asli. Banyak yang bisa dicontohkan seperti ikat pinggang, dompet, tas kulit, id card holder kulit dan sebagainya.

perbedaan antara kulit asli dan palsu
Dompet Paspor kuli asli

Perhatikan Titik-titik di Jahitan Kulit

Jangan sampai kecewa setelah anda membeli produk speerti souvenir kulit. Anda tidak mau kan, kulit yang dibilang asli saat terkena air langsung mengelupas ?. Apalagi jika kulit mudah terkelupas saat terkena tekanan. Tentu saja anda akan frustasi jika mengalami hal tersebut. Oleh karena itu ada langkah yang bisa dikperhatikan agar anda tidak tertipu. 

Perhatikan bagian setiap titik jahitan yang ada di souvenir kulit seperti dompet, tas, pouch, clutch atau lainnya. Tentu setiap kulit asli memiliki tekstur yang alami. Sehingga akan memiliki pola kerutan yang juga alami. Anda bisa mengecek apakan dijahitan souvenir kulit terdapat kerutan yang terbentuk searah dengan kahitan tersebut. Jika ada maka bisa dipastikan itu adalah kulit asli. 

Perbedaanya dengan kulit imitasi atau sintetis adalah tidak fleksible. Jahitan yang ada di setiap souvnir kulit sintetis akan terlihat lebih rapi dan halus. Hal ini karena kulit sintetis tidak memiliki daya fleksibelitas. Sehingga apabila diberikan tekanan tidak akan menghasilkan kerutan seperti yang ada di kulit asli. 

Perbedaan antara kulit asli dan palsu

Cara Ekstrim, Uji Kulit Asli atau Palsu dengan Dibakar

Cara yang ampuh juga bisa anda gunakan yaitu dengan dibakar. Souvenir kulit yang berasal dari bahan kulit asli tidak akan mudah terbakar. Kemudian saat dibakar akan menimbulkan bau seperti rambut terbakar. Jadi baunya lebih menyengat dibandingkan kulit sintetis. Kemudian tekstur dari kulit asli saat dibakar tidak akan meleleh. Biasanya hanya akan mengalami perubahan tekstur dan warnanya. 

Perbedaannya saat anda mencoba membakar kulit sintetis sangat mencolok. Saat dibakar kulit sintetis akan menimbulkan bau tidak terlalu menyengat. Bisa dikatakan baunya seperti plastik yang terbakar. Kemudian saat dibakar kulit sintetis akan segera meleleh sama persis seperti plastik yang terbakar.
Perbedaan antara kulit asli dan palsu
Souvenir Dompet Kulit Asli

Jadi anda bisa mencobanya sendiri, dan menurut kami ini cara yang paling ampuh untuk mengetahui perbedaan antara kulit asli dan palsu.

Perhatikan Tekstur & Aroma Kulit

Menggunakan cara bau pada setiap kulit asli atau palsu bisa juga dijadikan solusi. Perbedaanya anda harus langsung mencium souvenir kulit asli dan sintetis. Untuk kulit asli jika anda menciumnya akan memiliki bau khas tersendiri. Biasanya baunya seperti kulit kering. Kulit asli mengalami proses seperti penyamakan (tanning), sebagian juga menggunakan proses pemutihan (bleaching). Oleh karena itu dari setiap pengolahan tersebut kulit asli dari sapi, domba dan kambing memiliki bau khas tersendiri. 

Kemudain untuk kulit sintetis bisa di cium dan dirasakan teksturnya. Baunya tentu seperti hasil proses pabrikan. Tentu akan terendus bau plastik dan jauh dari kata bau kulit. Kemudian dari segi tekstur kulit palsu memiliki bahan seperti kain. Bisa dibilang lebih halus dibandingkan kulit asli. Sedangkan untuk tekstur kulit asli memiliki pori pori yang kasar. Kemudian juga bentuknya tidak beraturan. Hal ini karena proses penyayatan saat memisahkan kulit dengan bagian lainnya berbeda beda. Disamping itu kulit asli juga memiliki ketebalan yang berbeda beda.

Perbedaan antara kulit asli dan palsu
Tekstur Kulit Asli

Jadi sekarang anda sudah mendapatkan gambaran jelas tentang cara perbedaan antara kulit asli dan palsu bukan ?. Tentu saja kami merekomendasikan anda untuk membeli di toko terpercaya. Lebih bagus lagi bisa langsung memberlinya di produsen kulit langsung. Selain harganya lebih murah juga anda tahu kualitas dari souvenir kulit yang ingin anda beli. 

Legendsouvenir_ merupakan pengrajin kulit dan produsen souvenir kulit asli. Kami menggunakan kulit sapi asli untuk membuat berbagai soouvenir kulit perusahaan. Jadi jangan asal memilih toko kulit beli langsung di produsen Souvenit kulit asli @Legendfurniture_.


Komentar