Macam Macam Kulit Sapi Asli ( Bagian 2 )

Macam Macam Kulit Sapi asli saat ini memiliki berbagai model dan kebutuhan tersendiri. Tentu saja hal ini dipengaruhi pada proses dalam penyamakan dan lainnya yang semakin kompleks. Sehingga bisa disesuaikan pada kebutuhan yang diinginkan, terutama dibuat menjadi sebuah produk yang bernilai tinggi. Bisa dicontohkan seperti jaket kulit, sepatu, tas, dompet, clutch, dan masih banyak lagi.

Macam Macam Kulit Sapi Asli

Varian Kulit Sapi Asli yang Unik

Kami akan meneruskan artikel sebelumnya mengenai macam macam kulit sapi asli. Tentu saja kami bagi menjadi dua artikel agar artikel tidak telalu panjang. Selain itu juga lebih spesifik dan mendetail tentang info yang disampaikan, berikut penjelasannya.

1. Jenis Kulit Suede Leather

Proses pada jenis kulit suede leather mungkin bisa dikatakan lebih rumit karena memerlukan ketelitian dan hati hati. Karena kulit sapi yang digunakan yaitu bagian lapisan dalam. Sehingga ketebalan dan kekuatannya tidak sama dengan kulit lapisan luar. Walaupun begitu tetap memiliki kualitas yang baik. Hanya saja memiliki kebutuhan untuk dibuat produk yang khusus. 

Jenis kulit suede leather memiliki tekstur permukaan yang lembut, halus dan agak berserat. Hal ini karena proses nya menggunakan penyamakan, yang dilakukan pengamplasan kemudia disikat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kulit yang berserabut dan memiliki bulu halus di tekstur permukaanya.

Macam Macam Kulit Sapi Asli


Untuk harganya sendiri kulit suede leather memiliki harga tinggi dibandingkann dengan jenis kulit nabati ataupun lainnya. Seperti yang dijelaskan diatas kegunaan dari kulit jenis suede leather cocok untuk sepatu kulit sandal dan tas. Biasanya anak muda menyukai jenis bahan ini. Karena tas dan sepatu yang dibuat dari kulit jenis suede leather akan terlihat fashinable dan lembut. Selain itu juga modal dan coraknya lebih terlihat santai.

Kelemahan dari jenis kulit suede leather yaitu mudah berubah warna jika terkena air. kemudian juga jika terkena debu akan mudah sekali kotor. Kemudian untuk pola jahitannya juga terlihat ringkih alisa mudah ketarik. Perawatan yang baik seharusnya membersihkan secara berkala. Akan tetapi saat membersihkan perlu diperhatikan dari pola dan serat kulit ini. Anda membersihkannya harus searah dengan pola dan serat yang telah terbentuk secara alami mengikuti arahnya. Hal ini tentu agar tidak merusak pola dan tekstur permukaan kulit.

2. Jenis Kulit Nubuck

Kulit Nubuck berasal dari dua kata yaitu new anda buck. Jenis kulit ini termasuk pada golongan premium. Karena jenis bahan ini halus dan lembut kemudian juga memiliki kualitas yang baik. Secara fisik memanga kuli nubuck hapir mirip dengan suede leather. Keduanya sama sama memiliki kulit yang memiliki tekstur lembut dan halus. Hal ini juga karena dalam proses nya tidak jauh berbeda. 

Perbedaannya terletak pada jenis bagian kulit yang digunakan. Kulit suede leather  menggunakan lapisan bagian dalam kulit sapi sedangkan untuk nubuck menggunakan lapisan luarnya. Setelah memasuki proses pengolahan, kemudian dilakukan penggampalasan dan penyikatan pada kulit nubuck. Sampai menghilangkan tekstur yang kasar diluar kemudian menghasilkan lapisan tekstur yang halus. 

Dalam proses pengamplasan memerlukan kecermatan yang baik. Karena berpengaruh pada tekstur yang berbeda beda. Tekanan pada saat proses pengamplasan dan penyikatan harus diperhatikan, jika berbeda maka akan mengahasilkan serabut yang berbeda pula. Tentu hasilnya ada yang memiliki serabut halus dan kasar. Selain itu warna dari kulit nubuck juga akan berbeda beda. Parahnya dalam satu lembaran kulit akan memiliki warna yang gelap dan terang, jadi tidak selaras.

Produk sepatu dan tas sangat cocok menggunakan bahan ini. Apalagi jika anda ingin memiliki kualitas produk yang awet. Karena kelebihan pada kulit nubuck yaitu memiliki jahitan yang tidak mudah kendor, kemudian relatif lebih kuat. Tingkat kerapatan pori pori juga lebih rapat ketimbang suede leather. Hal ini juga yang menyebabkan harga kulit Nubuck lebih mahal ketimbang suede leather. 

3. Jenis Brush-off Leather atau Kulit Krom

Variasi kulit brush-off merupakan tingkatan kulit yang paling mahal. Proses untuk mendapatkan kulit brush-off cukup rumit dan memiliki ketelitian yang tinggi. Dimulai dari perngolahan, penyamakan dan pemberian minyak.

Tekstur untuk bahan kulit ini memriliki model halus dan mengkilat. Hal ini karena kulit brush-off memiliki lapisan tambahan yang berbahan acrylic. Sehingga memiliki kelebihan pada setiap product yang dibuat dari jenis kulit ini mudah dibersihkan jika terkena kotoran. 

Model warna dari kulit brush-off juga meemiliki warna terang, licin dan lebih elegan. Hal ini karean lapisan tambahan tadi, kemudian juga menyebabkan kelenturan yang baik. Walaupun lentur, ternyata ketebalan dari kuli brush-off memiliki kualitas yang baik dibandingkan lainnya. Berpengatuh pada kualitas dan keawetan dalam pemakaian jangka lama. Akan tetapi serat serta kulit sapi yang asli sudah tak terlihat karena proses pengamplasan tadi. 

Jenis kulit brush-off sangat cocok untuk dibuat produk sepatu. Jenis sepatu yang biasanya beredar dipasaran dari kulit ini yaitu seperti pantofel, dress shoed profesional, dan sepatu oxford. 

Jadi penjelasan diatas mengenai berbagai jenis kulit kami harapkan membantu anda yang masih awam tentang model kulit. Kemudian product apa yang cocok untuk setiap jenis kulit tentu berbeda beda. Setelah anda mengetahuinya mungkin bisa dijadikan bisnis yang menarik untuk peluang usaha. Seperti kami Legend Souvenir yang telah menjajaki bisnis pembuatan souvenir perusahaan dari bahan kulit sapi asli. Terimakasih telah berkunjung, salam Kreatifitas.

Komentar