Jenis Kulit Sapi Asli (Bagian 1)

Jenis Kulit Sapi Asli sekarang ini telah dijadikan berbagai kerajinan yang bernilai tinggi. Mulai dari permbuatan sepatu, tas, jaket, dompet, bahkan sampai aksesoris kecil lainnya. Setiap jenis kulit sapi asli juga memiliki karakteristik yang bermacam-macam. 

Sebagian besar mungkin kita mengetahui bahwa jenis kulit sapi hanya italian leather dan pull up. Sebenarnya jika secara terperinci terdapat banyak jenis kulit sapi asli berikut beberapa penjelasan tentang variasi kulit sapi.

Sedikit Cerita Tentang Kulit Sapi Asli

Sebenarnya kulit binatang sudah banyak digunakan untuk pakaian atau sepatu. Terutama untuk daerah dingin baik bagian bumi belahan utara maupun selatan. Mereka menggunakan kulit sapi atau bison yang telah dikuliti. Selain dagingnya bisa digunakan untuk makanan dan persediaan stok saat susah makanan juga untuk pakaian pada kulitnya. 

Bisa dikatakan kulit binatang seperti bison merupakan salah satu alat survive. Tentu untuk bertahan dicuaca dingin yang ekstrim. Kemudian dari pengetahuan tersebut sekarang banyak ditemukan inovasi terbaru tentang kerajinan kulit. Salah satunya seperti dompet, jaket, sepatu, tas, dan berbagai souvenir kulit lainnya. Menggunakan model yang lebih modern dan variatif. Hal tersebut juga menjadi pengaruh pada value dipasaran.

Jenis Kulit Sapi Asli

Kulit sapi merupakan bahan yang sering digunakan untuk kerajinan. Hal ini karena kulit sapi merupakan bahan baku terbaik untuk dijadikan kerajinan. Selain memiliki ketahanan yang kuat kulit juga dimasyarakat umum memiliki citra berkelas. Oleh karena itu jika harga dipasaran untuk kulit memang terlampau tinggi dibandingkan bahan imitasi. 

Kulit sapi sendri dibedakan dari beberapa proses pengolahan. Tentu jika anda ingin membeli souvenir kulit asli seperti dompet, tas, dan lainnya perlu jeli. Anda perlu memperhatikan kulit samakan sapi yang tepat untuk setiap produk souvenir yang ingin dibuat. 

Jenis Kulit Sapi Asli ( Proses Samak)

Melalui proses samak akan menjadikan berbagai kategori jenis kulit sapi yang dihasilkan. Baik dari struktur, kerutan, fleksibilitas dan ketebalan akan berbeda - beda. Berikut akan kami perinci dalam setiap jenis.

  • Jenis Kulit Nabati (Vegeatable Leather)

Kulit sapi banyak diolah dan dijadikan menjadi kulit nabati. Sebagian besar menggunakan kulit nabati karena memang lebih ramah dikantong. Dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Hal ini karena kulit nabati tidak terlalu ribet prosesnya, hanya memakai bahan-bahan nabati (natural/non-kimia) dalam proses penyamakan.

Jenis Kulit Sapi Asli
Kulit Sapi nabati

Membedakan kulit nabati dengan lainnya tergolong mudah. Untuk kulit nabati cenderung kaku dan memiliki warna yang kebanyakan merah muda/agak pink. Terkadang juga ada yang memiliki warna agak putih, hal ini tergantung pada proses penyamakan.

Nah untuk memberikan warna tambahan atau custom kulit nabati sangat cocok untuk hal tersbeut. Karena dalam proses penyamakan tidak menggunakan pewarna kimia. Dengan kata lain hasil dari proses penyamakan memiliki warna seperti aslinya. Akan tetapi kebanyakan customer yang memesan souvenir kulit seperti tas atau dompet lebih menyukai warna asli. Karena menjadi ciri khas dari warna kulit sapi sendiri.

  • Jenis Kulit Finishing Leather (Full Grain)
Bisa dikatakan untuk jenis finishing leather full grain sangat mempertahanakan keaslian kulit sapi. Karena semasa proses pematangan kulit tanpa mengubah/memodifikasi stuktur permukaan kulit. Sehingga corak dan pola pori-pori kulit masih persis seperti aslinya saat seberlum diproses. Tentu lebih terlihat natural karena guratan teksturnya terlihat jelas. 

Ketergantungan dari hasil kulit berpengaruh pada langkah langkah berikut:

1. Penggaraman
2. Pengapuran
3. Penghilangan protein (batting)
4. Retanning
5. Crusting
6. Finishing

Dari hasil finishing akan terbagi menjadi dua kategori jenis kulit yaitu full grain dan corected grain.

Seperti yang dijelaskan diatas full grain merupakan jenis finshing yang masih memperthankan kulit seperti aslinya. Karena selama proses tanpa mengubah struktur dan tekstur kulit sapi. Dengan kata lain hasilnya tetap terlihat original.

Jenis Kulit Sapi Asli
Full Grain


Sedangkan untuk jenis kulit corected grain merupakan jenis kulit yang finishingnya sudah dilakukan modifikasi. Terutama pada permukaan pori pori kulit yang dilakukan pengamplasan (buffing). Selain itu juga dilakukan tambahan pengecatan warna (roll coating) sehingga diperoleh tekstur pori pori permukaan kuli yang berubah dari aslinya. Guratan dan teksturnya bisa dibilang terlihat rapih dan terbentuk. 

  • Jenis Kulit Pull-up (pull-up Leather)

Dipasaran untuk kulit pull-up sendiri memang banyak diminati. Anda dengan sangat mudah bisa menemukan kulit ini di sebagian toko toko yang menjual kulit. Karena warna nya memang lebih beranekaragam dan variatif. Selain itu juga sangat mudah untuk dijadikan berbagai produk kerajinan. Salah satunya yaitu souvenir kulit tas, dompet, id card holder dan lainnya. Hal ini didukung dari tingkat kelenturannya yang sangat baik. 

Jenis Kulit Sapi Asli
Kulit Pull-Up

Dalam proses penyamakan kulit pull-up menggunakan bahn kimia. Akan tetapi tidak menghilangkan tekstur kulit sapi asli. Hanya saja pull-up merupakan kelanjutan dari jenis kulit finish leather. Kulit yang telah selesai pada proses finishing leather langsung ditarik sampai melar. Hal ini agar mendapatkan kulit yang lebih tipis sehingga memberikan tingkat kelenturan yang baik. Biasanya sangat cocok untuk membuat berbagai souvenir perusahaan kulit seperti tas dan dompet. 

Selain itu kulit pull-up juga memilik warna yang sedikit memudar. Sangat cocok untuk konsep vintage. Tentu saja memberikan nuansa artistik yang sangat disukai masyarakat pada umumnya.

Legend Souvenir : Produsen souvenir kulit asli berkuaitas

Sekarang anda sudah lebih tahu tentang jenis jenis kulit secara detail. Tentu saja akan lebih memudahkan anda untuk mencari produk kulit yang sesuai keinginan anda. Ataupun mencari tipe jenis kulit yang cocok untuk produk yang akan anda buat. 

Seperti produsen souvenir kulit asli sapi terpercaya Legend Souvenir. Kami memberikan bahan kulit sapi asli yang memiliki beberapa tipe seperti diatas. Tentu saja disesuaikan pada penggunaan bahan yang dipilih olehh customer. 

Untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi kami di Wa/telp 082 121212 786. Atau kunjungi Instagram kami yang telah memposting banyak produk di @Legendsouvenir_ .

Tunggu sambungan artikel kami selanjutnya ya. Tentu saja masih membahas jenis - jenis kulit sapi asli yang harus anda ketahui. Terimakasih telah membaca !!

Komentar